Rabu, 27 Januari 2010

tempat tergelap di bumi !!!

Taman Gallow Park akan ditetapkan sebagai satu dari 2 tempat daratan tergelap di bumi. Taman Gallow Forrest hampir dapat dipastikan akan didaftarkan sebagai daerah yang mempunyai skala kegelapan Bortle 2, menjadikan tempat ini satu dari 2 daratan paling gelap di bumi.


http://www.timesonline.co.uk/multimedia/archive/00633/Stargazing_633682a.jpg



Bortle 2 adalah skala yang tertinggi yang dapat di peroleh didarat; hanya di tengah lautan, dimana polusi cahaya tidak ada sama sekali, kita dapat merasakan pengalaman kegelapan pada skala Bortle 1.



http://www.timesonline.co.uk/multimedia/archive/00633/stars-585_633314a.jpg


Skala Bortle, yang diciptakan oleh John Bortle tahun 2001, mengukur kegelapan langit malam berdasarkan observabilitas objek-objek astronomi. Itu berkisar antara 9 - Langit diatas kota besar - dimana objek angkasa yang hanya dapat dilihat dengan teleskop adalah adalah bulan, planet-planet, dan beberapa gugusan bintang, sampai ke skala 1 - dimana kegelapan langit sempurna - dimana galaxy M33 dapat dilihat dengan mata telanjang.


Hanya ada 414 titik cahaya atau rumah didaerah ini. Ketika komisi kehutanan meminta kepada pemilik rumah bantuan mereka dalam kampanye dark-sky, semuanya kecuali 3 orang setuju memadamkan cahaya yang tidak perlu.